Bupati : “Mari kedepankan Semangat Musyawarah dalam Muscab Pramuka”


Musi Rawas, Organisasi gerakan pramuka adalah organisasi pendidikan kepemudaan non formil terbesar di Indonesia. Bahkan organisasi ini diatur dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Ranggga (AD/RT), dimana pengambilan keputusan tertinggi ada dalam musyawarah. Demikian halnya dalam penyusunan rencana dan program pembinaan, diharapkan agar benar-benar menempatkan arah kegiatan yang jelas dan terukur serta mampu mendorong dan meningkatkan kualitas pendidikan kepramukaan dalam suatu daerah.
Menanggapi hal ini, Gerakan Pramuka Kabupaten Musi Rawas menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) untuk memilih kembali kepengurusan baru periode 2016-2021, Selasa (15/11) di auditorium Sekretariat Daerah Kabupaten Musi Rawas. Turut hadir dalam Muscab, Bupati Musi Rawas, Wakil Bupati Musi Rawas, Kapolres, Dandim 0406, DPRD, dan para Pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Musi Rawas.
Muscab yang dilaksanakan ini, diikuti para wakil ketua, sekertaris dan anggota majelis pembimbing cabang gerakan pramuka, serta ketua, wakil ketua dan andalan kwartir cabang, para pelatih, pimpinan kwartir ranting dan pimpinan satuan karya pramuka.
Muscab Gerakan Pramuka ini dilaksanakan untuk kesinambungan pelaksanaan pembinaan dan pengembangan Gerakan Pramuka di Kabupaten Musi Rawas, baik untuk proses jalannya roda organisasi maupun untuk proses kegiatan kepramukaan itu sendiri. Dengan Tema “Pramuka menuju musi Rawas SEMPURNA sebagai perekat Bangsa dan Negara”, kegiatan ini mempunyai beberapa agenda yang akan dilaksanakan, diantaranya penyampaian laporan pertanggungjawaban pengurus lama, pemilihan Ketua Kwarcab, kemudian melakukan perumusan program kerja bagi pengurus baru untuk periode selanjutnya.
Bupati Musi Rawas, Selaku Ketua Majelis Pembimbing, dalam sambutannya menyampaikan Kepada para peserta agar dalam melaksanakan muscab ini senantiasa mengedepankan prinsip-prinsip yang telah diamanahkan dalam AD/RT gerakan pramuka, “siapapun yang akan terpilih dalam musyawarah cabang ini, tentunya adalah kader terbaik yang dianggap mampu memimpin kwarcab gerakan pramuka Kabupaten Musi Rawas selama 5 tahun kedepan”, ujar orang nomor 1 di Kabupaten Musi Rawas ini.
Dirinya menambahkan, agar Musyawarah Cabang kepengurusan pramuka ini dijalankan dengan mengedepankan nilai nilai semangat Musyawarah, sehingga siapapun yang terpilih merupakan orang yang hatinya ikhlas untuk mengabdi dan memberikan yang terbaik, ujarnya.
Dikesempatan yang sama, Wakil Bupati Musi Rawas, Hj. Suwarti juga berharap agar Musyawarah Cabang ini dapat berjalan dengan baik "Kami berharap agar semua agenda kegiatan dalam muscab ini bisa berjalan lancar, saya menaruh harapan besar kepada gerakan pramuka Kabupaten Musi Rawas dalam upaya membangun negeri. “, ujarnya. Dirinya pun mengaku sangat mengapresiasi gerakan pramuka sebagai pelopor pembentukan karakter moral dan spiritual generasi penerus bangsa,"Jika ingin berhasil mari ikut gerakan pramuka”, pungkasnya. (Humas)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pensiun, Hendra Gunawan Lantik Kabag Perlengkapan